CARA MENANGKAL HACKING BILLING WARNET

Beberapa waktu yang lalu saat iseng-iseng buka beberapa blog, ada banyak artikel yang menurut saya bikin kesel khususnya para pemilik warnet termasuk saya. Karena dalam beberapa pembahasan, mereka menampilkan postingan cara-cara mencurangi billing, mempercepat bandwitch, dsb yang jelas-jelas akan sangat merugikan. Ada beberapa juga yang dengan bangganya menceritakan saat melakukan kecurangan di warnet yang mereka anggap sukses alias berhasil. Jelas aja bikin geram, sampai-sampai saya memberikan komentar yang cukup keras kepada salah satu pemilik blog (maaf ya). Tapi kebetulan pemilik blog tersebut segera sadar dan menghapus postingan yang akan sangat merugikan tersebut (katanya sih ) tapi ternyata di cek ya ngga dihapus malah tambah dilengkapi. Setelah dikonfirmasi katanya untuk memenuhi kehausan dan request tentang Teknologi…. (yang merugikan orang lain).

Ada beberapa pengalaman saat ada pengunjung warnet saya yang melakukan kecurangan. Awal mula kecurigaan adalah saat seringnya billing warnet tiba-tiba tidak connect ke server, ada dua macam yaitu:

1. Lampu online mati tetapi jam waktu tetap menyala

2. Lampu online menyala tetapi pada nama user merah alias seperti posisi     stop dan jumlah uang juga berhenti tetapi komputer tetap menyala dan masih terus digunakan.

3. Pada saat terjadi hacking billing, bisa terjadi billing di semua user juga terputus atau cuma pada user yang melakukan kecurangan.

Memang ada bermacam-macam jenis billing dan tentu efek hacking billing tentu juga bermacam-macam.

Cara supaya bisa menangkal / antisipasi hacking Billing Warnet :

1. Jangan lupa terus memantau Billing di Server, karena mereka-mereka akan memantau dan melakukan kecurangan saat penjaga lengah dan tidak memperhatikan Billing.

2. Kenali gejala-gejala aneh pada Billing apalagi putus tiba-tiba setelah dipakai  user yang baru datang, sementara sedari tadi dipakai tidak ada trouble.

3. Waspadai  wajah-wajah pura-pura lugu dan tidak berdosa, karena ada kemungkinan mereka berlagak seperti itu supaya tidak dicurigai.

4. Jangan segan menegur dan mengingatkan orang-orang yang menjadi suspect hacking billing.

5. Beri tulisan peringatan untuk tidak mencurangi Billing.

6. Kalau ada maling pasti ada polisi … jadi sekarang kita adu pintar saja.

7. Alternative ganti aja windows dengan OS Linux beres …. pasti bakal bingung cara mencuranginya.

Yah.. semakin pintar dan majunya teknologi, memang semua tergantung pada yang menggunakannya, apakah untuk kebaikan atau untuk hal yang jelas-jelas merugikan orang lain. Oleh karena itu ilmu pengetahuan ibarat seperti senjata, tergantung di tangan siapa senjata itu berada. Kalau senjata di tangan seorang penjahat maka jelas akan dipakai membunuh, merampok dll tetapi kalo ditangan polisi maka bisa dipakai untuk menumpas kejahatan.

Seperti kejadian hilangnya uang nasabah di bank yang dimulai di Bali, pelakunya jelas orang pintar dan sangat mengerti teknologi tetapi memiliki hati yang jahat sehingga digunakan untuk merugikan orang lain.

Tentu sangat disayangkan hal-hal seperti ini harus terjadi. Oleh karena itu jangan anggap remeh perbuatan hacking billing warnet seperti ini, karena hal kecil saja atau perkara bayar 3000-4000 perak saja sudah mau dicurangi / dikorupsi bagaimana saat diserahi hal-hal besar / jabatan tinggi yang menyangkut uang milyaran. Seperti kasus Bank Century, BLBI dll, saya yakin pelakunya adalah orang-orang yang sudah terbiasa curang dalam hal-hal kecil sejak muda hingga menjadi habit saat menjadi pejabat.

Bisa karena terbiasa.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk membuka hati kita semua untuk memperbaiki diri baru setelah itu kita perbaiki negara ini.

About these ads

32 responses to “CARA MENANGKAL HACKING BILLING WARNET

  1. NaH Nie Baru Bener… Maaf Lho Yaw Klo Postinganq Buat Amu sebel atO Marah Bahkan Rugi… Aq Nggak Bermaksud Gitu Kug… Aq Cman Mau MenyamPaikan Kehausan TentanG request Temen2 Dalam DunIa TeknOlogi… G apa Kan… Aq Janji dech Insya Allah Artikel Ini aq LiNk Ke Artikelq Yang Amu Beri Koment Yang Panjang Tuh… Buat aq Terbengong… Yupz… Makasih…

  2. Bos… seharusnya kehausan akan ilmu pengetahuan adalah untuk tujuan baik, walau dalam dunia nyata memang ilmu pengetahuan untuk tujuan tidak baik amat sangat sangat sangat buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk.

    Tapi haruskah kita menambah daftar panjang orang-orang yang telah ikut andil dalam penyaluran ilmu-ilmu yang kebanyakkan tidak digunakan untuk tujuan baik, cenderung disalah gunakan !

    Karena saat mereka tau ilmunya pasti akan kepengen praktekin ya kan …. mending praktek di rumah sendiri.. lha ini di property orang lain yang dibuat dengan susah payah… dimana letak keadilannya.

    Lebih baik coba tampilkan postingan tentang OS Linux .. coba itu baru Hacker sejati :)

    Kalo aku disuruh memilih aku akan memilih menjadi orang yang akan menyalurkan pikiran-pikiran positif sehingga dunia akan menjadi lebih baik dalam segala hal.

    SAVE OUR GENERATION !!!!!

  3. satu lagi tambahan mas, buat pembukuan manual, emang ribet seh, tapi kalo males ngingetin orang yang hack (soale orangnya lebih serem mungkin), kan gak terganggu sama hack (btw banyak template billing manual di 4shared kok)

  4. Thanks… buat perhatian teman-teman dan kunjungannya ke blog saya … Iya intinya kita memang tetap harus belajar akan hal-hal baru supaya nggak ketinggalan sama para hacker atau penggila ilmu komputer … seharusnya ada cara kan supaya kita tidak lagi melakukan penghitungan billing secara manual … kalo user dan compnya banyak pusing juga iya kan …. tapi thanks mas upil (ih kok upil sih ) … upilachyne… he he he atas infonya coba nanti tak ubek-ubek lagi di 4shared ya…. ( mungkin yg jaga warnet harus pelihara kumis yang tebel supaya orang yg mau hack agak keder he he he khususnya kayak si Bos gentongs he he he )

  5. thanks ya info nya, klo manusia dikasih makan dari barang haram mmg gitu jadinya, walau cuma 3000 perak juga masih mau dicurangi..

  6. @tatto…. thanks ya…. udah mau berkunjung….. yah itulah Indonesia semua berawal dari rasa penasaran sebenarnya… bisa nggak ya… setelah berhasil jadi ketagihan dan kebiasaan. (maaf baru nongol, habis dari negeri Impian he he he lama ngga buka blog ini )

  7. terima kasih atas infonya…………..memang mereka tdk akan pernah mengerti arti dari setetes keringat u menghidupi keluarga…..sangat riskan sekali kalau postingan mengtasnamakan ilmu pengetahuan tapi sangat merugikan orang lain.
    karena saya juga buka usaha warnet yang modalnya dari pinjaman bank……bagaimana saya balikin modal kalau klientnya aja pada curang…….

    tapi jika sampai terjadi ditempatku ak relakan, karena TUHAN tidak tidur meski hanya 1000 atau 1M dosanya tetap sama, namanya tetep aja mencuri dan KARMA itu ada…………

  8. @Cika thanks udah mampir disini, memang hidup adalah perjuangan ….. dan akan ada orang yg positif dan negatif… tapi kita kan punya iman pada Tuhan. Maka tetap semangat Sis…… tetap berusaha belajar hal baru …….. OK ( maaf baru ngurusi blog ini lama ngga update-update lagi . )

  9. ADA ORANG YG ALAMAT EMAILNYA robert_tjk@gmail.com YANG SENGAJA KOMENTARIN POSTINGAN TENTANG HACKING BILLING WARNET DI POSTINGAN LAEN YG NGGA RELEVAN DENGAN BAHASA YANG INDAH SEKALI MUNGKIN YANG LAEN BISA MENDAPAT NILAI POSITIF DARI KEBAIKAN ORANG INI .

    Idenya yang kreatif aja, jangan kritik posting orang lain kecuali lo ngerasa lo manusia paling bener. Kalo ngebahas cracker, masih banyak banget orang yang ngebahas jebol website dibanding cuma perakan bill warnet. Toh posting di bosgentong hanya secuil kecil dari artikel-artikel yang beredaran di internet.
    Lagian itu juga buat nambah pengetahuan dan supaya bisa ada pencegahan…
    So, “MUAK” gw dnger Loe Ngnceh!!!!!

    Kalo lu bkn pengentut (eh maksud gw PENGECUT) lo approve nih koment, liat tuh koment lu di bosgentong, muncul semua kan? Kalo lo gak munculin nih koment, lu cuma pengecut belaka yang sok belaga NGOMONG BESAR. Gue tunggu.
    Sorry nih sebelumnya..:)

    • sory broo..ini masalah hidup pengusaha warnet.. masalahnya kalo ada warnet di hack yg rugi bukan lo makanya lo seenaknya ngomong.. buat gw pengecut adalah orang org yg merusak sesuatu kemudian bersembunyi..

  10. bro guw pengen tanya dong,sory ni guw lancang nanyanya,tapi kita sebagai pemilik warnet,guw pengen lebih tau tentang warnet dengan segala2x kecurangannya..guw boleh tanya ngak??

  11. Hallo Brown maaf ya baru buka-buka blog nih, jadi agak lambat mbaca pertanyaan kamu. Kalo kecurangan di warnet, yang sering saya alami
    1. Billing warnet yang di hack kyk penjelasan diatas
    2. Protect Deepfreeze dijebol, ini buat kita jadi harus
    sering
    cek krn takutnya ada yg install hal-hal yg berbau porno
    atau program-program yg bikin komputer jd lemot.
    3. Ada juga yg bawa software tertentu yg dipakai untuk
    memutus jaringan internet klien lain, maunya bandwitch
    dipake sendiri. Hati-hati dgn software ini, krn pernah
    tuh DNS server yang disikat akibatnya kita jadi bingung
    kenapa kok disconnect, tp di klien ttp jalan… ada-ada
    aja yang usil memang
    4. Ada juga yang bawa flash disk berisi virus, trus
    disebarin ke komp kita karena itulah deepfreeze
    lumayan berguna krn setelah komp mati semua program
    yg udah dibuka atau dijalanin bakal hilang. Tapi ada
    juga virus yg bandel kdg klo udah masuk sistem ya
    harus tetep di scan pake anti virus.
    Hmm.. kyknya sementara itu yg pernah kita alami di sini.
    Semoga bisa berguna buat anda bro…. thanks udah mampir ya

  12. kk tolong dong,warnetku pas dipasangin df kok runtime error “70″permission denied,truzz gmn nih..hikzzz..aku pakai bex 4.38 R-08e stable+game net series edition.aqu psng df enterprise.tolong gmn sihh cara’a…tolooong yahh

  13. makasih bos…. iya saya beberapa kali di hack ma mreka2…
    padahal warnet saya udah termasuk paling murah..masih aja ada yang hack…. kebangetan tenan….

  14. aDA yANG lEBIH jITU dARI sEMUA aktifitas sampah2 cracker murahan kaya si gentong, gw dah buat software buat antisipasi dari komputer client dari segala kenehan di komputer client, mau tahu hubungi email gw aja di mimiajaya@yahoo.com ini berfungsi untuk semua jenis billing..

  15. salam kenal om…..
    pembaca baru
    ane suka artikel n tulisan2 di blog ini…..selain menambah wawasan ilmu juga membantu pemilik2 warnet….
    klo di tulisan blog tetangga peminatnya juga bangyak tapi yahhhh…….kata nenek gua orang jahat lebih banyak didunia ini dari pada orang baekkkk……hahhaha

  16. Buat : pemirsa, gandul, hacker sejati, luis adul ……… TERIMA KASIH YAAAA udah mau BERKUNJUNG ke SINI…. seneng banget punya teman baru. Yah.. inilah namanya keragaman karakter ada yang suka usil ada yang enggak, ada yang baik ada yang jahat…. pokoknya tetap semangat aja mencari ilmu-ilmu baru sehingga kita nggak ketinggalan ama mereka-mereka yang memang hobi utak-utik itu… kaya hacker sejati tuh nawarin software penangkal boleh juga kan dicoba…
    @ LUIS ADUL thank you udah mau baca tulisan di blog ini, saya tunggu masukannya yah….
    @ PEMIRSA …. sorry ya baru approve koment kamu …. ntar aku jawab secepatnya OK … buka primbon dulu he he he he he

  17. Pendahuluan: blognya interseting banget, gambarnya bagus… isinya berguna…
    Saya dan suami juga pengusaha warnet dan baru hari ini dikerjai. Tiba-tiba saja billing (eCaPro Platinum) kami hang, eh waktu komputernya di-restart, billingnya malah ngadat dan koneksi dengan semua client terputus. Kami cukup yakin kalo ada yang ngerjain… padahal udah dijaga seketat mungkin loh…
    Buat Reflection Myself: thanks a lot buat info positifnya. Jangan berhenti berbagi kebaikan terutama info tentang komputer dan perangkatny. We do appreciate what you are doing. God repay for all you’ve done. ;)

  18. Thank You Morina … saya senang tulisan sederhana yang berasal dari sebuah pengalaman ternyata bisa membantu anda. Memang kita harus banyak belajar.. belajar lagi dari banyak pengalaman karena user semakin hari semakin pintar juga. Terima kasih mau berkunjung di blog saya ya … kebanyakan isinya curahan hati aja .. semoga Usaha anda semakin Sukses dan tdk mengalami banyak masalah ya…
    God Bless You …. :)

  19. gan plis saya butuh bantuan! tolong di reply ya?
    saya punya warnet yang pake aplikasi biling exploler 6
    di tembusnya mudah sekali dengan cara kombinasi (ct**+a*t)
    maaf demi privasi, tolong bantu saya dalam menangani hal ini ya?

  20. To.Indra P. sorry baru buka blog ini …. pertama coba laporkan dulu pada pembuat software billing tersebut, supaya diteliti lagi apakah memang bug -nya dikombinasi tsb… setiap software pasti ada kelemahannya, mungkin mereka bs beri solusinya… nanti saya akan sambung lagi kalo ada solusi bagus buat warnetmu ya .. Thanks ;)

  21. Pingback: Meremove, Membobol, Mengedit Database, Memperlambat, Menembus, Melewati, Restarting Time, Video Hacking Billing Explorer (Update) « Bos Gentong Ideal's Blog

  22. klo pake OS LINUX memang ampuh banget gan..
    tp klo OP nya gak menguasai OS LINUX susah juga..
    mending klo menurut saya billing nya pake CYBER BILLING aka…
    coba klo bisa bobol…ta acungin 10 jempol…

  23. BILLING saya eror ad satu client yang nyala terus menerus meskipun dimatikan direstart tetap saja setelah dinyalakan billingx tetep terisi dengan sendirinya meskipun client tersebut dlam posisi mati. mohon SOLUSINYA.

  24. seharusnya itu ilmu yg paling bermanfaat bagi dirinya atau untuk orang lain, tapi kenapa sampe di bua mencuri uang receh saja itu kan sama aja merugikan dirinya sendiri……? juga pihak yg punya… kita doakan aja semoga dia cepat kaya dan segera taubat…… amiiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s