Guru Bangsa….Pelopor Demokrasi…. Gus Dur..

Kyai Haji Abdurrahman Wahid dan selalu dipanggil Gus Dur… berita meninggalnya beliau membuat impact yang begitu besar. Saya bisa lihat bahwa semua politisi negara ini datang untuk melayat tanpa perduli ada kesenjangan antar mereka, dari semua kalangan agama, pokoknya semua tumpah ruah dengan wajah yang sedih karena kehilangan. Semuanya tidak memikirkan lagi ada ketidakcocokkan satu sama lain, ah… Gus Dur … bapak pasti akan ter -senyum melihat keadaan ini seandainya ini bisa berlangsung terus. Gus Dur mampu membuka dan menjembatani berbagai perbedaan yang ada.

Hanya saja ketika beliau masih hidup, begitu banyak orang yang kadang tidak mampu memahami pemikiran-pemikiran beliau. Ada tayangan ketika beliau menjadi presiden dan sedang berbicara di sidang MPR , masih sempat-sempatnya menceritakan cerita-cerita lucu yang membuat tertawa semua anggota MPR yang terhormat, yang biasanya terekam dengan formal, kaku tetapi mereka saat itu bisa tertawa lepas dengan wajah yang ceria.

Saya melihat bahwa seorang Gus Dur adalah sosok yang sangat menikmati hidupnya, tak pernah terbebani dengan masalah-masalah kehidupan, tetapi tetap memiliki komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap hal-hal yang bersifat ketidakadilan, mau membantu pihak-pihak yang terpinggirkan. Walau tidak mengenal secara pribadi, tetapi tetap saya kehilangan seorang Gus Dur.

Semoga saat ini ketika semua mengatakan Gus Dur adalah Guru Bangsa.. Pelopor Demokrasi bukan hanya sekedar penghargaan saja, tetapi bagaimana kita bangsa Indonesia melihat dan mencontoh serta melakukan apa yang beliau telah contohkan kepada kita semua yaitu keterbukaan hati terhadap segala perbedaan, keinginan mendamaikan, kesediaan membantu kaum lemah dan tidak memikirkan kepentingan diri sendiri. Mari kita jadikan Gus Dur seorang Guru Bangsa yang akan selalu kita dengar, lakukan segala yang telah beliau nasehatkan dan contohkan.

Selamat jalan Guru Bangsa… Pelopor Demokrasi….Pembela Kaum Minoritas

Bapak kami tercinta Gus Dur …………….

Life is a Journey…..

Life on earth’s a place to teach…

The way to live the best……

and inner happiness in the end of  journey….

God Bless You…..

Peace……



Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s